Jenis Peraturan

Bawaslu Babel Luncurkan Gardu Pengawasan Partisipatif

29 Oktober 2016

Bangka Belitung, Badan Pengawas Pemilu - Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meluncurkan Gardu Pengawasan Partisipatif di area pusat perbelanjaan Giant Bangka Tengah, Kamis (20/10).

 

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Bangka Belitung.

 

Program Gardu Pengawasan Partisipatif bertujuan mengundang partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pilkada sekaligus menjadi pembelajaran politik secara tidak langsung bagi para mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fisip Universitas Bangka Belitung yang terlibat sebagai relawan.

 

Isu yang disosialisasikan lewat kegiatan itu antara lain bagaimana membangun kejujuran dalam memilih, adil dalam bersaing, memiliki integritas, dan tidak terlibat politik uang.

 

Dengan begitu, diharapkan Pilkada bisa menghasilkan pemimpin dambaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke depan.

 

Asisten Sekretaris Daerah Babel Bidang Pemerintah dan Kesra Amrullah Harun yang mewakili Gubernur Bangka Belitung mengatakan bahwa perlu penguatan Stakeholder dan seluruh komponen masyarakat serta mahasiswa dalam mengawal proses demokrasi Pilkada Babel 2017, “langkah Gardu Pengawasan Partisipatif merupakan langkah kongkrit pencerdasan politik”, pungkasnya.

Penulis/Foto: Hamid

Editor: Ali Imron

JDIH Bawaslu - RI